Pengaruh Pertumbuhan Penduduk Terhadap Keseimbangan Lingkungan dan Kelestarian Alam

Tema : Kependudukan di Indonesia

Topik : Pengaruh Pertumbuhan Penduduk Terhadap Keseimbangan Lingkungan dan  Kelestarian Alam

 

Apakah kalian tahu bahwa pertumbuhan penduduk dapat memengaruhi keseimbangan lingkungan dan kelestarian alam?

Sejak zaman dahulu, manusia selalu membutuhkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidup. Manusia yang tinggal disuatu daerah atau wilayah tentu mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi merupakan peningkatan penduduk dari tahun ke tahun atau disebut dengan pertumbuhan penduduk. Semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk suatu wilayah keseimbangan lingkungan juga dapat terpengaruhi. Untuk dapat membahas lebih lanjut topik diatas, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu penduduk.

            Secara umum, penduduk adalah orang-orang yang tinggal disuatu daerah/ wilayah tertentu yang terikat oleh peraturan yang berlaku dan saling berinteraksi secara terus menerus. Di Indonesia, penduduk adalah semua orang yang berdomisili diwilayah geografis Indonesia selama enam bulan atau lebih atau mereka yang berdomisili kurang dari enam bulan tetapi bertujuan untuk menetap.

Image

Seiring dengan berjalannya waktu, penduduk disuatu wilayah mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk disuatu wilayah tertentu dibandingkan waktu sebelumnya. Petumbuhan penduduk diakibatkan oleh tiga komponen yaitu: fertilitas, mortalitas dan migrasi.

Fertilitas atau kelahiran dalam pengertian demografi adalah kemampuan riil seorang wanita untuk melahirkan yang dicerminkan dalam jumlah bayi yang dilahirkan. Kelahiran menyebabkan bertambahnya jumlah penduduk. Faktor yang mendukung kelahiran adalah pernikahan dini, persepsi orang tua tentang banyak anak banyak rezeki dan tingkat kesehatan tinggi. Mortalitas atau kematian adalah hilangnya tanda-tanda kehidupan manusia secara permanen. Faktor-faktor yang mendorong tingginya angka kematian yaitu: terjadinya bencana alam, wabah penyakit yang menyerang suatu wilayah tertentu, tingkat kesehatan rendah, terjadinya peperangan. Migrasi adalah perpindahan penduduk yang relatif permanen dari suatu daerah ke daerah lain. Migrasi memiliki dua jenis yaitu; migrasi internasional yang dapat dibedakan menjadi tiga macam sebagai berikut: Imigrasi, Emigrasi, dan Remigrasi. Dan migrasi nasional yang dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sebagai berikut: Transmigrasi dan Urbanisasi.

Pertumbuhan penduduk di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat drastis seperti tampak pada gambar:Image

 

Peningkatan kepadatan populasi manusia berakibat pula pada peningkatan kebutuhan hidup yang mau tidak mau terjadi eksploitasi pada sumber daya alam. Sumber daya alam yang terdapat dimuka bumi ini jumlahnya terbatas. Jika sumber daya alam digunakan secara terus menerus tanpa ada proses pemulihan maka lama kelamaan sumber daya tersebut akan habis. Kepadatan penduduk yang terus meningkat menimbulkan permasalahan dan kerugian pada manusia maupun makhluk hidup lainnya.

 

Permasalahan yang timbul akibat pertumbuhan penduduk, antara lain:

  1. Berkurangnya Ketersediaan Air Bersih

Air merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat bermanfaat bagi manusia. Pada umumnya ketersediaan air bersih diperkotaan dipenuhi oleh Perusahaan Air Minum (PAM). Makin padatnya jumlah penduduk menyebabkan penipisan persediaan air dibawah tanah. Yang menyebabkan berkurangnya ketersediaan air untuk memenuhi kebutuhan hidup.

  1. Berkurangnya Ketersediaan Bahan Pangan

Manusia memerlukan makanan untuk tetap hidup. Bertambahnya populasi memerlukan jumlah pangan yang cukup banyak. Ketidakseimbangan antara pangan dan manusia menimbulkan masalah kurang gizi atau kurangnya bahan pangan.

  1. Berkurangnya Ketersediaan Lahan

Jumlah penduduk yang bertambah memerlukan lahan luas sebagai sarana tempat tinggal, melakukan kegiatan industri, pertanian, dan lain-lain. Semakin besar perbandingan populasi manusia dengan jumlah lahan menyebabkan lahan makin sulit untuk didapatkan.

  1. Berkurangnya Ketersediaan Udara Bersih

Di daerah yang penduduknya padat tentu menyebabkan banyak pencemaran udara. Udara bersih adalah udara yang banyak mengandung oksigen. Udara bersih merupakan kebutuhan mutlak manusia. Semakin tinggi pertumbuhan penduduk, maka kebutuhan oksigen semakin banyak.

  1. Pencemaran Lingkungan

Aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sering menimbulkan dampak buruk pada lingkungan. Kebutuhan yang terus menerus meningkat akan menganggu penggunaan sumber daya alam sulit dikontrol.

  1. Pendidikan

Pendidikan merupakan usaha untuk mencerdaskan manusia sehingga mampu meningkatkan produktivitasnya. Rendahnya pendidikan penduduk pada suatu wilayah akan mendorong rusaknya lingkungan hidup.

Berbagai permasalahan yang timbul akibat pertumbuhan penduduk setiap tahunnya, tentu dapat ditangani dengan berbagai usaha seperti: pada bidang pertanian, mengubah sistem pertanian berladang, menemukan jenis-jenis tanaman yang tahan lama, dan mengurangi penggunaan pestisida. Pada bidang kehutanan, manusia dapat menebang pohon dan melakukan penanaman pohon kembali, melakukan reboisasi, dan memperluas kawasan hutan lindung. Pada bidang industri, menciptakan teknologi yang hemat bahan bakar, melakukan daur ulang,  dan menyaring terlebih dahulu limbah pabrik yang akan dibuang.

Perubahan lingkungan yang terjadi karena adanya kepadatan penduduk yang tinggi menyebabkan banyak permasalahan timbul akibat tidak seimbangnya lingkungan dan kelestarian alam. Maka dari itu kita perlu memerhatikan cara mengelola lingkungan dan melestarikan alam dengan banyaknya populasi manusia, jika saling bekerja sama untuk tetap mengimbangi kebutuhan pokok manusia dengan lingkungan maupun alam, perlahan permasalahan yang timbul dapat diminimalisasi dan kepadatan penduduk tidak hanya memengaruhi lingkungan dalam sisi negatif namun dalam sisi positif juga.

 

Leave a comment